JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
Dosen Pengampu: Drs. Samsudin, M.Pd.
NAMA : AGUS SUPRIYADI
NIM : 5520110104
PASCA SARJANA
MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM AS-SYAFI’IYAH JAKARTA
2012
JAWABAN
UJIAN AKHIR SEMESTER
PASCA
SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH
MATA KULIAH :
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
DOSEN PENGAMPU :
Drs. Samsudin M.Pd.
Nama :
Agus Supriyadi
Alamat Blog :
agepriyadi.blogspot.com
1. Jelaskan pengertian Sumber Belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat
para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat saudara sendiri.
1.
Sadiman mendefinisikan sumber
belajar sebagai segala
sesuatu yang dapat digunakan
untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar
(Sadiman,
Arief S., Pendayagunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran, makalah, 2004)
2.
Menurut Association for Educational
Communications and Technology (AECT, 1977), sumber belajar adalah segala
sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah
maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan
meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.
3.
Menurut Ahmad Sudrajat
Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang
dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik
secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik
dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
4.
Sumber belajar menurut AECT
(Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar
baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan,
biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber
itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
5. Menurut Asosiasi Teknologi
Komunikasi Pendidikan (AECT), sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa
data, orang atau benda) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas
(kemudahan) belajar bagi siswa. Sumber belajar itu meliputi pesan, orang,
bahan, peralatan, teknik dan lingkungan/latar.
a. Pesan, adalah ajaran atau informasi yang
akan disampaikan oleh komponen belajar lain yang dapat berupa ide, fakta,
ajaran, nilai dan data. Dalam sistem persekolahan, maka pesan ini berupa
seluruh mata pelajaran yang disampaikan kepada siswa.
b. Orang adalah manusia yang berperan
sebagai pencari, penyimpan, pengolah dan penyaji pesan. Contohnya: guru,
mentor, instruktur, ustaz, dosen, pustakawan, petugas laboratorium, instruktur,
widyaiswara, pelatih olah raga, tenaga ahli dan masih banyak lagi, bahkan
termasuk siswa itu sendiri.
c. Bahan merupakan perangkat lunak (software)
yang mengandung pesan pesan belajar, yang biasanya disajikan menggunakan
peralatan tertentu. Contonya: buku teks, modul, transparansi (OHT), kaset
program audio, kaset program video, pro¬gram slide, film.
d. Alat, adalah perangkat keras (hardware)
yang digunakan untuk menyajikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Contohnya:
OHP, Tape recorder, Video player, proyektor slide, proyektor film, komputer.
e. Teknik, yaitu prosedur atau langkah langkah
tertentu yang disiapkan dalam menggunakan bahan, alat, lingkungan dan orang
untuk menyampaikan pesan. MisaInya: demonstrasi, diskusi, praktikum,
pembelajaran mandiri, sistem pendidikan terbuka/jarak jauh, tutorial tatap
muka, dll.
f. Sedangkan latar/ lingkungan adalah situasi di sekitar
terjadinya proses belajar mengajar. Lingkungan dibedakan menjadi dua macam,
yaitu lingkungan fisik dan lingkungan non fisik. Contoh lingkungan fisik:
gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, aula, pasar, kebun, bengkel,
pabrik, dll. Contoh lingkungan non fisik: tata ruang belajar, ventilasi udara,
cuaca, kebisingan/ketenangan lingkungan belajar, dll.
Ditinjau dari tipe atau asal usulnya, sumber belajar dapat
dibedakan menjadi dua :
1. Sumber belajar yang dirancang
(learning resources by design) yaitu sumber belajar yang memang sengaja dibuat
untuk tujuan pembelajaran. Sumber belajar semacam ini sering disebut bahan
pembelajaran. Contohnya adalah: buku pelajaran, modul, program audio, bahan
presentasi seperti power point, slide show, flash,OHP dll.
2.
Sumber belajar yang sudah tersedia dan tinggal dimanfaatkan (learning
resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak secara khusus
dirancang untuk keperluan pembelajaran, namun dapat ditemukan, dipilih dan
dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya: pejabat pemerintah, tokoh
masyarakat, tenaga ahli, pemuka agama, olahragawan, kebun binatang, waduk,
museum, film, sawah, terminal, surat kabar, siaran televisi, dan masih banyak
lagi yang lain.
Menurut saya sumber
belajar adalah segala sesuatu yang sengaja
dirancang/atau dibuat dan segala sesuatu
yang tidak didesain secara khusus untuk keperluan pembelajaran tetapi keberadaannya dapat ditemukan untuk dimanfaatkan atau digunakan seseorang dengan tujuan memfasilitasi segala kegiatan belajar, baik
secara terpisah maupun secara terkombinasi agar dapat mempermudah
seseorang dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan.
Sumber
belajar akan menjadi bermakna bagi peserta didik maupun guru apabila sumber
belajar diorganisir melalui rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya
sebagai sumber belajar. Jika tidak, maka tempat atau lingkungan sekitar, benda,
orang, atau buku tidak akan bermakna sebagai sumber belajar.
Sumber
belajar adalah informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk
media, yang dapat membantu siswa dalam belajar sebagai perwujudan dari
kurikulum. Bentuknya tidak terbatas apakah dalam bentuk cetakan,
video, format perangkat lunak atau kombinasi dari berbagai format yang dapat
digunakan oleh siswa ataupun guru.